Sebagai bagian dari penguatan kualitas pelayanan rumah
sakit dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat
(JKN-KIS), RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melaksanakan kegiatan Verifikasi
Trust Mark Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, pada hari
Selasa, (3/6/25) di ruang Garuda Satu RSPAU.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas registrasi dan
pengisian self-assessment Trust Mark yang telah dilakukan sebelumnya oleh
RSPAU, sebagai bentuk partisipasi aktif rumah sakit dalam implementasi
Transformasi Digital BPJS Kesehatan. Trust Mark sendiri merupakan sistem
penilaian berbasis digital yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk
memastikan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) memberikan
pelayanan yang memenuhi prinsip aksesibilitas, efektivitas, efisiensi, dan
kepuasan pasien.
Dalam pelaksanaan verifikasi, BPJS Kesehatan menurunkan
tim verifikator dari Kedeputian Wilayah VI, yang dipimpin oleh Kepala Bagian IT
Wilayah VI BPJS Kesehatan, Bapak Bonaventura Andry Sigmada. Verifikasi ini
melibatkan diskusi, penilaian dokumen, dan tinjauan terhadap implementasi
pelayanan berbasis transformasi digital di lingkungan RSPAU.
Personel yang turut terlibat dalam kegiatan verifikasi
ini berasal dari unsur manajemen rumah sakit, serta perwakilan dari Bagian SDM,
Bagian Pengadaan dan Umum, serta Bagian Teknologi Informasi. Masing-masing
bagian diminta untuk menyiapkan dokumen dan bukti pendukung sesuai dengan isian
self-assessment yang telah dilaporkan sebelumnya melalui portal Trust Mark.
Wakil Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito Kolonel Kes dr.
Dedy Afandi C. N., Sp. A., M. Sc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa
kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan RSPAU dalam menyelaraskan diri dengan
kebijakan nasional dan meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS.
“Sebagaimana kita ketahui bersama, program BPJS
Kesehatan Trust Mark adalah bagian dari strategi besar transformasi mutu
layanan yang dicanangkan oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan bahwa rumah sakit
mitra dapat menyediakan layanan yang cepat, tepat, akurat, dan memuaskan bagi
peserta JKN-KIS. RSPAU menyambut baik proses verifikasi ini sebagai sarana
refleksi dan evaluasi demi mewujudkan layanan yang semakin akuntabel, efisien,
dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat,” ungkap
Wakil Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito.
Dengan mengikuti verifikasi Trust Mark, RSPAU berharap
dapat memperoleh penguatan tata kelola mutu dan masukan strategis dari BPJS
Kesehatan, agar terus mampu menjadi rumah sakit rujukan yang unggul,
profesional, dan terpercaya—baik bagi prajurit TNI AU maupun masyarakat umum.
Humas RSPAU
Komentar