RSPAU Gandeng Hotel Tentrem Yogyakarta untuk Tingkatkan Layanan Gizi Bertaraf Hotel Bintang Lima

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan gizi serta efisiensi pengelolaan sumber daya, Instalasi Gizi RSPAU dr. S. Hardjolukito melaksanakan kunjungan studi banding ke Hotel Tentrem Yogyakarta (15/7/25), sebuah hotel berbintang lima yang dikenal dengan standar tinggi dalam pengelolaan Food and Beverage (F&B). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan rumah sakit dalam mengembangkan kompetensi sumber daya manusia dan inovasi pelayanan.

Kegiatan kunjungan ini terdiri dari dua tahap. Pertama, kunjungan dari Chef Hotel Tentrem, Chef Afif, ke dapur Instalasi Gizi RSPAU, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan balasan dari tim Instalasi Gizi RSPAU ke dapur Hotel Tentrem Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut, Chef Afif memberikan sejumlah masukan konstruktif terkait peningkatan kualitas fasilitas dan peralatan dapur, mulai dari peremajaan peralatan, pemisahan fungsi wastafel, hingga penggantian meja kayu dengan meja berbahan stainless steel yang food grade.

Tim RSPAU yang dipimpin oleh Kabidum bersama Ka Instalasi Gizi dan Ka Humas RSPAU, turut mengobservasi seluruh area kitchen Hotel Tentrem Yogyakarta. Tim berkesempatan meninjau langsung manajemen operasional dapur profesional hotel, termasuk area restoran, dapur utama, dapur roti, area pemorsian, gudang bahan makanan, hingga ruang pembuangan limbah dapur.

Sistem pengelolaan kitchen Hotel Tentrem Yogyakarta dinilai sangat profesional, mulai dari kebersihan dapur yang dijaga dengan jadwal pembersihan setiap 4 jam, penggunaan jet spray dan epoxy untuk lantai, hingga sistem pendingin pada tempat pembuangan sisa makanan. Selain itu, manajemen sumber daya manusia yang menggunakan sistem 3 shift dengan total 120 personel juga menjadi salah satu poin inspiratif dalam kunjungan ini.

"Dari hasil kunjungan ini, kami memperoleh banyak referensi untuk pengembangan dapur Instalasi Gizi RSPAU, baik dari sisi manajemen, efisiensi, maupun inovasi dalam pelayanan makanan. Ini akan menjadi bahan penting dalam menyusun langkah strategis peningkatan mutu layanan ke depan," ungkap Letkol Kes Tri Harsono, S.TP, S,Gz., M.Gz., RD.

Melalui studi banding ini, RSPAU berharap dapat memperkuat layanan gizi yang tidak hanya memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan, tetapi juga menghadirkan pelayanan yang profesional dan inovatif, selaras dengan visi rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pasien. Humas RSPAU

Tags: Berita

Humas RSPAU

Humas memiliki tugas untuk menyebarkan informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat baik melalui sosial media, website atau media apapun.

Komentar
Tinggalkan Komentar